Selasa, 10 Februari 2015

Daerah Elite Kelapa Gading Kebanjiran, Sekda DKI: Harus Buat Waduk

Jakarta - Sejumlah daerah elite di Ibukota masih jadi langganan banjir setiap tahunnya. Salah satunya adalah daerah bisnis di Jakarta Utara, Kelapa Gading.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Saefullah punya saran untuk mengatasi persoalan banjir di daerah Kepala Naga itu.

"Kelapa Gading disarankan, dia harus buat waduk. Hunian besar itu kalau tidak ada waduknya ya sayang," kata Saefullah di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Dia mengatakan, Kelapa Gading yang sudah menjadi pemukiman elite serta bangunan komersial harus diimbangi penyediaan waduk. Bangunan waduk ini nanti yang diharapkan menjadi kunci mencegah banjir.

"Dengan waduk, kalau tidak ada hujan harus kita pompa. Jadi, waduk pompa, waduk pompa itu kuncinya," sebut mantan Walikota Jakarta Pusat itu.

Soal inisiatif sebagian warga Kelapa Gading yang pernah membuat polder di pinggir kali, menurutnya upaya itu belum efektif.

"Polder itu kurang, kurang efektif lah. Waduk harusnya," tuturnya.

Lantas, bagaimana saran pembangunan waduk untuk Kelapa Gading yang wilayahnya sudah penuh? Dia mengusulkan cari daerah yang dekat Kelapa Gading.

"Ada itu kalau enggak salah dekat Pertamina. Kan ada itu lahan yang dikenal tanah merah. Itu bisa dipakai buat waduk," katanya.
 
© Copyright 2015 Gevin
Theme by Yusuf Fikri